Lahan Pertanian dan Lahan Sawah Warga Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

LAHAN PERTANIAN adalah lahan yang ditujukan atau cocok untuk dijadikan lahan usaha tani untuk memproduksi tanaman pertanian maupun hewan ternak. Lahan pertanian merupakan adalah satu sumber daya utama pada usaha pertanianBegitupun di wilayah Desa Sukawangi yang sebagian besar luas wilayahnya adalah lahan pertanian, maka tidak heran bahwa mayoritas penduduk Desa Sukawangi adalah petani dan buruh tani. Lahan pertanian warga Desa Sukawangi di dominasi oleh tanaman sayuran seperti cabai, jagung, bawang dan sayuran yang lainnya. Selain lahan pertanian terdapat pula lahan sawah walaupun luasnya tidak seluas lahan pertanian.

(Cabai)



Terlihat salah satu warga Desa Sukawangi sedang memelihara tanaman cabainya. Karena untuk mendapatkan hasil yang baik perlu pemeliharaan yang ekstra. 


(Kol)

(Jagung)

(Terong)



Selain sayur-sayuran, ada juga yang menanam tembakau. Tembakau ini merupakan tanaman komoditas perkebunan yang tergolong kedalam tanaman industri musiman yang mempunyai peran dan fungsi strategis dalam perekonomian dalam menghasilkan sumber pendapatan negara dan menciptakan lapangan pekerjaan terlepas dari sisi kontroversial manfaat dan dampak bagi kesehatan.
Tembakau itu sendiri banyak di budidayakan di daerah dataran tinggi, dan kebetulan Desa Sukawangi termasuk kawasan dataran tinggi. Karena faktor inilah yang menyebabkan penduduk Desa Sukawangi selain tani sayuran ada juga yang membudidayakan atau menananam tembakau.

(Tembakau)


LAHAN SAWAH memiliki banyak fungsi, baik untuk kehidupan manusia maupun lingkungan. Fungsi lahan sawah bagi kehidupan manusia selain sebagai penghasil bahan pangan, juga merupakan salah satu sumber pendapatan, tempat bekerja, tempat rekreasi, tempat mencari ilmu, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, jika tidak dikelola dengan baik, lahan sawah juga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan, seperti pencemaran air, tanah, dan udara akibat penggunaan bahan kimia. Lahan sawah merupakan salah satu ciri kehidupan masyarakat tradisional yang sudah ada sejak dahulu kala atau  zaman purba. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Tentang Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Pembagian Wilayah/Dusun di Desa Sukawangi

Tentang Desa Tentang Keindahan Alam Desa "Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang"